Pelatihan Keterampilan Perilaku Perusahaan
Behavioral Skills
Keterampilan perilaku adalah kemampuan dan tindakan yang ditunjukkan karyawan dalam interaksi mereka dengan orang lain di tempat kerja. Keterampilan ini juga disebut sebagai keterampilan interpersonal atau sosial dan mencakup banyak kemampuan, termasuk komunikasi, kerja tim, kepemimpinan, pemecahan masalah, resolusi konflik, empati, dan kecerdasan emosional. Keterampilan perilaku sangat penting dalam pengaturan pribadi dan profesional dan sering dicari oleh pengusaha. Keterampilan perilaku dapat dipelajari dan dikembangkan melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
Intervensi Pelatihan Keterampilan Perilaku kami adalah pendekatan berbasis pengalaman dan bukti untuk melatih karyawan, pemimpin tim, dan manajer untuk belajar, berlatih, dan menerapkan perubahan perilaku dan sikap terkait untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pribadi.
Kami memberikan pelatihan keterampilan perilaku melalui mode pembelajaran outbound. Kami melibatkan individu, kelompok kecil, dan kelompok besar dalam cara belajar dan perubahan perilaku yang menarik, mendalam, dan berpengalaman.
Perlunya Pelatihan Keterampilan Perilaku di Tempat Kerja
Pelatihan Keterampilan Perilaku adalah penggunaan strategi pelatihan perusahaan yang menarik untuk memberikan keterampilan profesional yang paling dicari kepada tenaga kerja. Ini adalah komponen potensi manusia yang penting bagi semua perusahaan korporat secara global yang membantu memenuhi tujuan bisnis.
Pelatihan Keterampilan Perilaku melibatkan perpaduan keterampilan yang dibutuhkan dalam hubungan interpersonal, emosi produktif, komunikasi yang efektif, dan sikap yang menarik. Agar setiap perubahan dalam pendekatan terjadi, perubahan perilaku harus terjadi.
Semua ini bekerja sama untuk memungkinkan karyawan bekerja dan bekerja dengan baik satu sama lain. Ini membantu individu menganalisis pola perilaku mereka saat ini dan melengkapi mereka dengan keterampilan baru yang diperlukan untuk mengembangkan kebiasaan baru dan akhirnya mencapai hasil yang lebih baik.
Mengapa pelatihan keterampilan perilaku itu penting
Karyawan, manajer, dan pemimpin dengan keterampilan orang yang baik diperlukan untuk menjalankan organisasi. Peran perilaku manusia merupakan faktor penting dalam kinerja kerja di organisasi mana pun.Perilaku menantang di tempat kerja dapat menyebabkan stres, hilangnya produktivitas, hilangnya pendapatan, rendahnya semangat, serta mengganggu budaya kerja dan kinerja individu dan rekan kerja.Orang-orang menjadi terganggu dan kehilangan motivasi karena perilaku orang, manajer, dan pemimpin yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diterima daripada pekerjaan yang mereka lakukan.
Pelatihan keterampilan perilaku berfokus pada dan mendukung departemen SDM organisasi untuk mengatasi masalah perilaku karyawan dan mengembangkan perilaku manusia yang optimal untuk hubungan kerja yang lebih baik, kinerja kerja, budaya kerja yang inovatif dan kuat.
Keterampilan perilaku dianggap penting dan vital karena mereka meningkatkan hubungan pribadi dan profesional, meningkatkan produktivitas, dan mengarah pada pengalaman kerja dan budaya organisasi yang lebih baik.
Beberapa manfaat penting dari keterampilan perilaku adalah:
- Peningkatan Komunikasi: Keterampilan perilaku yang baik membantu individu berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman dan konflik.
- Peningkatan Produktivitas: Ketika individu menunjukkan keterampilan perilaku yang baik, mereka dapat bekerja sama dengan lebih efisien dan efektif, yang mengarah pada peningkatan produktivitas.
- Keterampilan perilaku yang baik membantu individu mengembangkan hubungan positif dengan orang lain, membuat mereka lebih disukai dan berpengaruh dalam pengaturan pribadi dan profesional.
- Peningkatan Kepercayaan Diri: Ketika individu menunjukkan keterampilan perilaku yang baik, mereka merasa lebih percaya diri pada diri mereka sendiri dan kemampuan mereka, yang mengarah pada peningkatan harga diri.
- Kemajuan Karir: Keterampilan perilaku yang baik dihargai oleh pengusaha dan dapat mengarah pada promosi dan peluang kemajuan karir.
- Peningkatan Reputasi: Keterampilan perilaku yang baik membantu individu mengembangkan reputasi positif.
Apa yang Dikatakan Penelitian tentang Keterampilan
IBM meluncurkan sebuah studi besar pada tahun 2016 "Strategi untuk membangun dan mempertahankan tenaga kerja terampil" yang melihat keterampilan penting yang dibutuhkan para profesional selama tahun-tahun mendatang.
Penelitian, termasuk survei yang dilakukan di 50 negara dengan 5800 eksekutif, menemukan bahwa sekitar 1,2 crore profesional harus dilatih lagi untuk mendukung lingkungan bisnis digital baru yang mencakup Kecerdasan Buatan, dan kesenjangan yang paling signifikan bukanlah keterampilan digital sama sekali tetapi keterampilan kepemimpinan dan perilaku.
Setengah dari kepala petugas sumber daya manusia mengatakan bahwa orang yang lulus dari perguruan tinggi memiliki keterampilan teknis dan digital yang diperlukan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan: Apa yang mereka lewatkan adalah keterampilan dalam pemecahan masalah, inovasi, kerja tim, dan kepemimpinan. Informasinya sangat jelas: "kesenjangan keterampilan digital dan teknis" ditangani dengan cepat sementara keterampilan perilaku tidak.
Apa itu Keterampilan Perilaku
Keterampilan perilaku adalah keterampilan orang yang mencakup keterampilan sosial dan emosional yang memungkinkan karyawan untuk menunjukkan perilaku yang sangat baik untuk berhubungan dan berkinerja baik dengan rekan-rekan mereka di tempat kerja.
Orang-orang di tempat kerja mungkin memiliki keterampilan perilaku dasar, namun lingkungan kerja berkinerja tinggi mungkin mengharuskan karyawan untuk menunjukkan standar profesionalisme dan kinerja yang tinggi dengan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan yang sangat baik.
Keterampilan perilaku adalah semua keterampilan intra-pribadi dan interpersonal yang membantu karyawan memoles atau memodifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada melalui pelatihan menuju pembelajaran praktik perilaku yang disepakati bersama sebagai bagian dari budaya tempat kerja.
Dimungkinkan untuk mengidentifikasi, mengembangkan atau memodifikasi perilaku di antara karyawan melalui pelatihan dan praktik yang disengaja untuk mengembangkan kebiasaan baik yang meningkatkan kinerja kerja dan perilaku tempat kerja yang diinginkan.
Pelatihan Perilaku dipandang sebagai proses penebusan yang diperlukan bagi karyawan untuk meningkatkan atau mengubah perilaku yang ada yang akan membantu mereka mencapai tujuan pribadi, profesional dan organisasional.
Keterampilan Perilaku yang Umum Diinginkan pada tahun 2020 adalah
- Keterampilan interpersonal
- Teamwork
- Penetapan tujuan
- Mempengaruhi Keterampilan
- Keterampilan Motivasi
- Pemecahan masalah
- Kepemimpinan Diri
- Keterampilan Delegasi
- Resolusi konflik
- Manajemen Stres
- Kelincahan
- Ketahanan
- Pengambilan Risiko
Daftar Isi :
Apa perbedaan antara Behavioral Skills dan Soft Skill
Dari segi konsep dan konten, tidak ada banyak perbedaan antara behavioral skill dan soft skill. Namun, istilah pelatihan soft skill telah digunakan dalam industri pelatihan perusahaan lebih dari keterampilan perilaku.
Perbedaan utama antara keterampilan perilaku dan soft skill adalah dalam Pendekatan, Konteks dan Aplikasi.
Soft Skill adalah keterampilan non teknis yang membantu karyawan meningkatkan komunikasi, presentasi, dan etiket kerja mereka. Soft skill disebut sebagai orang dan keterampilan sosial yang dipelajari seseorang dari lebih banyak tempat nilai dan etika di tempat kerja. Soft skill sebagian besar ditargetkan untuk lulusan baru yang mencari pekerjaan, magang dan karyawan baru dan manajer pertama kali. Soft Skill juga dipandang sebagai keterampilan yang dapat ditransfer terkait dengan kinerja pekerjaan, sedangkan keterampilan perilaku lebih berpusat pada orang.
Keterampilan perilaku, di sisi lain, hanyalah istilah lain untuk mempelajari soft skill untuk penebusan dan modifikasi perilaku yang ada dari tempat kinerja dan tindakan yang diinginkan. Ini berpusat pada orang dan ditargetkan untuk karyawan berpengalaman untuk meningkatkan kinerja mereka yang ada.
Istilah pelatihan keterampilan perilaku telah banyak digunakan dalam industri terapi perilaku untuk perubahan pribadi dan kadang-kadang digunakan dalam industri pelatihan dalam kaitannya dengan perubahan perilaku di tempat kerja.
Penelitian menunjukkan keterampilan perilaku yang digunakan para profesional setiap hari. dari mencoba beradaptasi dengan perubahan konstan; memprioritaskan waktu kita untuk mengerjakan hal-hal yang paling penting; belajar mendengarkan dan berkolaborasi dalam tim; dan memahami cara mengkomunikasikan ide, temuan, dan rekomendasi kami dengan jelas dan menarik.
Tantangan terbesar di tempat kerja bukan lagi teknis. Melainkan Perjuangan profesional sehari-hari adalah keterampilan perilaku seperti mengatur waktu mereka dengan baik, mencari tahu bagaimana bekerja dalam tim, dan belajar bagaimana mempengaruhi, mendukung, dan melatih orang lain.
Perusahaan perlu berinvestasi dalam pengembangan profesional karyawan mereka untuk pelatihan keterampilan perilaku dan program pelatihan soft skill untuk menciptakan budaya perilaku positif di tempat kerja, jika mereka ingin tetap kompetitif di pasar.
Kita lanjut ke pembahasan berikutnya:
Social Emotional Learning - SEL for Behavior Change
( Click Here )